Names of Allah

Sunday, November 19, 2006

Awal kehidupan manusia

Awal kehidupan manusia

1. Pembuahan
„Kapan kita menjadi seorang manusia?“
Perbedaan jawaban atas pertanyaan tersebut telah lama dicari oleh manusia. Ada yang mengatakan bahwa kehidupan seorang manusia dimulai pada saat dia dilahirkan, atau ketika dia telah mencapai kesadaran pribadi (dewasa). Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa kehidupan seoarang manusia dimulai saat otak manusia mulai bekerja, atau segera setelah sistem sel saraf manusia mulai terbentuk.
Tetapi sejak dimulainya penelitian genetik manusia, ditemukan jawaban atas pertanyaan tersebut diatas, bahwa kehidupan manusia dimulai segera setelah terjadi proses pembuahan. Pembuahan adalah jalan awal terjadinya perkembangan. Dengannya mulailah sebuah kehidupan manusia yang mengagumkan.

Berjuta sel berkembang pada 4 minggu pertama usia kehidupan,yang selanjutnya berkembang bersama dan membentuk organ-organ manusia.
Sesudah 4 minggu maka siaplah pembentukan tulang belakang. Jantung memompa darah ke hati dan alat-alat vital.
Enam minggu setelah pembuahan, ukuran Embryo kurang lebih 15 mm, tetapi sudah hidup penuh. Denyutan jantungya sekitar 140-150 kali per menit.
Perjalanan 2 bulan kemudian, berkembanglah secara perlahan sistem penciuman dan rasa. Dan akhirnya mulailah terjadi rangsang pertama otak bekerja.

2. empat-enam minggu
Pada usia 2 bulan, besar janin berukuran 3-4 cm. Stelah terbentuk, mereka hanya perlu tumbuh dan berkembang. Terutama persiapan fungsi dari setiap organ tersebut.
Pada saat tersebut, sang janin sudah bisa menggerakkan tangan dan kakinya. Jari jemari pun sudah terbentuk. Demikan juga bentuk wajah sudah bisa dikenali.

3. Tujuh- delapan minggu
Memasuki usia 7 minggu ....

4. sembilan – sebelas minggu
....
Bayi pada saat ini masih cukup tempat di hengatnya air ketuban. Dia bergerak didalamnya tanpa kesulitan, pelan seperti seorang astronot. Dia menggerakkan lututnya, menendang dinding perut sang ibu, memutar kepalanya, mulai bisa kita merabanya.....
Dengan pemeriksaan usg sang ibu terkadang bisa melihat,bagaimana bayinya mgenyut jempol tangannya.

5. Enambelas – tujuhbelas minggu
Setengah usia di kandungan ibu belum pula terlewati, tetapi badan dan anggota gerak, tulang dan semua organ telah sempurna terbentuk.
Melalui placenta sang bayi makan dan minum, juga terpenuhi kebutuhan oksigennya.....
....
....
Sekarng secara jelas sudah bisa dikenali, apakah dia seorang bayi perempuan ataukah bayi laki-laki.

6. Delapan belas – duapuluhdelapan minggu
Ruangan bebasnya semakin mengecil. Sang bayi sekarang merasakan setiap gerak yang ibu lakukan Dia jatuh tidur manakala digerakkan, dan terbangun ketika tidak ada gerak yang dia rasakan. Bau yang tiba-tiba mengejutkannya. Juga sang ibu merasa, bagaimana bayinya bergerak.
Sebagian bayi tetap tenang dalam kandungan sang ibu, namun sebagian yang lain bergerak dan protes dengan tendangan-tendangan, ketika misalnya dia tidak lagi digerakkan.
Saat bulan ke tujuh, dia minum air ketuban sekitar 1 liter perhari. Di minggu-minggu selanjutnya berat badannya meningkat dengan pesat. Sampai dengan usia 24 minggu secara lambat berkembang pula paru-paru dan fungsinya.

7. Lahir
Kelahiran adalah pengalaman yang mengangkan bagi kehidupan seorang bayi. Dia meninggalkan hangatnya perut sang ibu. Ke dunia, dimana dia sekarang berada, yang penuh dengan cahaya, kerasnya suara dan suhu yang lebih dingin. Dan dia harus bernafas dan makan sendiri, Tetapi manusia kecil ini sudah dipersiapkan dengan baik: sesudah beberapa bulan sebelumnya dia belajar, menelan, menghisap dan menggerakkan tangan dan kakinya. Semua sudah berkembang sesuai dengan waktunya.

Sebuah kehidupan yang mengagumkan seorang manusia telah dimulai.

No comments: