Names of Allah

Sunday, November 19, 2006

Kembung

Kembung atau adanya udara dalam usus kita (atau biasa dinamakan meteorismus) tidak hanya diderita oleh penderita maag saja. Bisa saja kembung ini tidak terlalu mengkhawatirkan namun bisa saja sesuatu yang harus diperhatikan.
Ada banyak hal yang menyebabkan kembung, diantaranya adalah seperti post-anestesi (sesudah operasi dg bius total), dispepsia, obstipasi (susah buang air besar), hilangnya gigi geraham, makanan yang memproduksi gas, pemberian obat anti spasme usus, ataupun karena terlambat atau tidak makan. Kembung yang kronis dapat disebabkan oleh tak adanya gigi geraham sehingga makanan tak dapat dikunyah dengan baik dan menimbulkan aerofagi.
Obat antispasme/Antikontraksi usus sering digunakan secara salah pada keadan ini karena justru akan mengurangi peristaltik/gerak usus dan dengan demikian menambah akumulasi gas dalam usus. Gejala yang seolah-olah remeh ini dapat menimbulkan keluhan yang hebat pada penderita dan penekanan gas ke apendiks dapat menimbulkan tanda seperti apendisitis. Mengindentifikasi penyebab adalah yang paling penting untuk memilih pengobatannya yang tepat.

Faktor stress juga menyebabkan kembung juga .ketika Anda 'diserang' stres, otak secara otomatis mengeluarkan zat kimia (hormonal) yang mempercepat atau malahan memperlambat kerja saluran pencernaan yang dapat menyebabkan kembung, sembelit, atau diare.


Beberapa sayuran yang mengandung serat tinggi yang susah diuraikan seperti brokoli dan kembang kol kerap membuat perut kembung selama berjam-jam. Solusinya adalah mengukusnya terlebih dahulu hingga lunak sebelum disantap agar lebih mudah untuk dicerna. Di beberapa sumber juga ditulis bahwa ubi dan nangka bisa juga mengundang datangnya kembung.

Minuman bersoda yang banyak digemari banyak orang, ternyata juga tidak ketinggalan menyebabkan gejala kembung ini.semua minuman bersoda, mampu untuk membuat perut kembung. Agar amannya, ganti soda dengan air putih biasa. Selain tidak beresiko, air putih juga sehat untuk ginjal kita.
Minum kopi, merokok dan juga konsumsi alkohol, adalah juga beberapa penyebab kembung.

Alergi laktosa yang diderita sebagian orang, bisa memicu rasa kembung ini.Laktose (gula susu) untuk sebagian orang yang peka dapat menyebabkan timbulnya lactose intolerance, di mana cirinya adalah perut yang kembung dan terasa 'berat'. Jika tiap kali Anda mengkonsumsi susu maupun bahan makanan yang mengandung susu seperti es krim atau keju, maka cobalah untuk menghindarinya.
Kalaupun ingin dicoba minum susu dan produksinya adalah dengan melatih pencernaan sedikit demi sedikit agar dapat menerima susu, misalnya dengan minum susu dalam jumlah sedikit dan kemudian perlahan-lahan ditingkatkan kadarnya selama jangka waktu 4-6 minggu. Hal ini akan melatih sistem pencernaan untuk menguraikan laktose penyebab timbulnya kembung tersebut.


Gula, terutama yang berasal dari fruktose (gula alami yang terdapat pada buah-buahan serta madu) yang banyak digunakan pada minuman ringab (soft drink) serta permen yang menyebabkan penimbunan gas yang mengakibatkan perut kembung.
Alasannya adalah sistem pencernaan manusia yang berada di bagian atas hanya dapat memproses fruktose dalam jumlah sedikit. Jika Anda banyak mengkonsumsi fruktose dalam jumlah besar maka kelebihannya yang tidak dapat dicerna akan disalurkan ke saluran pencernaan bagian bawah, di mana bakteri di bagian tersebut akan mengubah fruktose menjadi gas. tidaklah mengherankan jika perut kembung karenanya.

Nah begitu mba Risa, ternyata kembung tidak hanya dimonopoli oleh penyakit maag saja. Mudah-mudahan apa yang saya paparkan diatas, bisa menjelaskan sedikit tentang penyebab2x kembung. Tentang sedikit ataupun banyak jumlah makanan yang kita konsumsi tidak berarti akan terhindar dari kembung. Bila jenis makanan ataupun minuman yang kita konsumsi ternyata adalah pemproduksi gas (seperti yang telah dijelaskan diatas), maka sedikit banyaknya tetap saja akan menyebabkan kembung. Jangan lupa pula, hindari stress yang juga akan memicu datangnya kembung ini. Satu lagi, hindari tiduran sesudah makan, karena ini akan menyebabkan gerak usus kurang bagus, dan hasilnya adalah kembung.

Selanjutnya ada beberapa tips untuk menanggulanginya,disamping seperti yang mba Risa lakukan dengan mengoles minyak kayu putih ataupun balsam,yakni:
1. Perut yang kembung dikompres hangat dengan meletakkan botol atau tempat kompres yang diisi air hangat. Hal ini akan mengurangi rasa kembung tersebut
2. jika perut terasa kembung, berat dan membuncit, cobalah untuk melakukan sit up. Gerakan sit up yang dikonsentrasikan pada otot perut akan membantu untuk mendesak gas keluar.
3. Cara lainnya adalah dengan menggunakan tehnik akupresure yaitu menekankan tiga jari di bawah pusar. Tekan selama beberapa detik dan ulangi beberapa kali.
4. Jika stres datang dan perut terasa tegang, hindari timbulnya kembung dengan minum teh peppermint hangat karena peppermint mampu untuk membuat sistem pencernaan yang tegang untuk kembali normal.
Semoga bisa membantu.
Wassalam

dr.Dewi yuniasih

2 comments:

MasNovanJogja said...

thanks infonya. aku link ke tempatku.

мяš• αℓъфż said...

Alhamdulillah,
Makasih ya ^^ info'a bermanfaat banget ..